Translate

Senin, 03 April 2017

Belajar Mind Mapping Melalui Mind Maple

BAB I
MIND MAPPING
A.    Pengertian Mind Mapping
Mind Mapping merupakan suatu teknis grafis yang memungkinkan untuk mengeksplorasi seluruh kemampuan otak kita untuk keperluan berfikir dan belajar. Beberapa pemaparan tentang Mind Mapping menurut para ahli misalnya, Menurut Bobby De Porter, Mind Mapping (peta pikiran) adalah teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan grafis lainnya untuk membentuk kesan antara otak kiri dan kanan yang ikut terlibat sehingga mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak. Menurut Tony Buzan, Mind Mapping adalah suatu cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran. Sedangkan menurut Sutanto Windura, Mind Mapping (peta pikiran) merupakan metode pencatatan yang dapat mengakomodir untuk keseluruhan dari suatu topik, kepentingan, serta hubungan relatif antar masing-masing komponen dan mekanisme penghubungan nya. beberapa pemaparan tentang pengertian Mind Mapping tersebut dapat ditarik
                        Dari kesimpulan bahwa Mind Mapping merupakan suatu teknik grafik yang sangat ampuh dan menjadi kunci yang universal untuk membuka potensi dari seluruh otak karena menggunakan seluruh keterampilan yang terdapat pada bagian neo-korteks dari otak atau yang lebih dikenal sebagai otak kiri dan otak kanan dengan menggunakan seluruh ‘cortical-skills’ - kata, gambar, angka, logika, ritme, warna dan kesadaran spasial - yang semuanya dalam satu cara yang unik. Mind Mapping dapat digunakan dalam seluruh aspek kehidupan manusia.

Mind Mapping pertama kali dikembangkan oleh Tony Buzan. Serorang psikolog dan ahli paling terkemuka dalam bidang Otak dan Pembelajaran yang telah mengarang 95 buku dan telah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa di 150 negara. Tony menciptakan Mind Mapping pada tahun 70-an yang saat ini digunakan lebih dari 250 juta orang diseluruh dunia mulai dari siswa pra-sekolah hingga kelas Eksekutif MBA, dari operator hingga CEO di berbagai korporasi kelas dunia. Dia berpendapat bahwa penggunaan Mind Maping bisa mempercepat proses memori tetapi juga dapat meningakatkan kreatifitas dan keterampilan menganalisis, dengan mengoptimalkan fungsi belahan otak. Mind Map juga dapat mengubah informasi menjadi pengetahuan, wawasan dan tindakan.
Gagasan Tony Buzan mengenai Mind Mapping tersebut memicu munculnya beberapa aplikasi. Setiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu aplikasi yang paling mudah di gunakan adalah Mindmaple lite. Aplikasi Mindmaple Lite ini dapat dikatakan mudah karena merupakan salah satu aplikasi yang tidak berbayar. Dengan kelebihannya, aplikasi Mind mapple dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna.

B.     Tujuan dan Manfaat Mind Mapping
Mind mapping dapat menghasilkan catatan yang memberikan banyak informasi dalam satu halaman dan memperlihatkan hubungan antar berbagai konsep dan ide. Maka dengan Mind Mapping, daftar informasi yang panjang bisa dialihkan menjadi peta yang berwarna-warni, sangat teratur dan mudah diingat serta selaras dengan cara kerja alami otak. Mind Mapping dapat bekerja dengan baik karena ia menggunakan kedua pemain utama dari ingatan yaitu imajinasi dan asosiasi.

Dilihat dari berbagai segi, salah satunya yaitu segi waktu Mind Maping juga dapat mengefisienkan penggunaan waktu dalam mempelajari sebuah informasi. Hal ini disebabkan karena metode dapat menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal, dengan waktu yang jauh lebih singkat. Dengan kata lain, Mind Mapping mampu memangkas waktu belajar dengan mengubah pola pencatatan linear menjadi pencatatan yang efektif yang sekaligus langsung dapat dipahami oleh setiap masing-masing indivudu. Dengan catatan ini maka manajemen belajar pun menjadi lebih mudah. Informasi baru dapat ditambahkan, dihubungkan, dan diasosiasikan kapan saja dengan informasi yang sudah ada sebelumnya
                       
            Dengan adanya Mind Mapping dalam memahami materi secara efektif kita dapat mengingat informasi yang kompleks dengan mudah, melihat gambaran besar beserta penjelasannya dengan mudah, mengatasi informasi yang membludak karena telah ditata dan dikelompokkan sedemikan rupa. Secara psikologis hal ini juga membuat seseorang lebih mudah dalam mengorganisir dan meruntut sebuah permasalahan.
Mind Mapping juga meningkatkan kemampuan seseorang dalam berimajinasi, mengingat, berkonsentrasi, membuat catatan, meningkatkan minat sekaligus mampu menyelesaikan persoalan. Sehingga dengan Mind Mapping kita dapat merangsang sisi kreatif, lewat desain visual yang dengan berbagai macam variasi dan mendorong munculnya ide-ide baru. Mind Maping dapat pula digunakan untuk menjelaskan sebuah tujuan, rencana, ide, maupun pemikiran secara jelas dan terstruktur.

C.    Kelebihan dan Kelemahan Mind Mapping
Telah banyak manfaat dari media pembelajaran Mind Mapping yang telah disampaikan sebelumnya. Tetapi dari beberapa manfaat yang telah disampaikan tersebut setiap media pasti memiliki sebuah kelebihan dan kelemahan masing-masing, termasuk media pembelajaran Mind Mapping ini. Inilah beberapa kelebihan dan kelemahan dari media pembelajaran Mind Mapping :

a.       Kelebihan Mind Mapping
1.      Memudahkan proses pembelajaran
2.      Meningkatkan daya kreatifitas otak
3.      Aplikasi mudah digunakan
4.      Pengunduhan Aplikasi tidak berbayar
5.      Hasil dapat disimpan dengan berbagai format
6.      Hasil dapat di print out
7.      Bisa memasukkan format lain ke dalam Aplikasi yang digunakan
8.      Tidak mudah mengalami not responding saat proses pengerjaan
9.      Catatan lebih terfokus pada inti materi
10.  Memudahkan penambahan informasi baru
11.  Membantu otak untuk mengatur, mengingat, membandingkan dan membuat hubungan

b.      Kelemahan Mind Mapping
1.      Proses berbayar untuk mengupdate versi
2.      Bentuk/ model dari aplikasi masih terkesan kaku
3.      Tema yang dapat digunakan dalam aplikasi terbatas


BAB II
A.      Fungsi Icon Mindmaple

1.      Home
ICON
FUNGSI
Paste berfungsi untuk menempatkan/ menerapkan teks yang sudah dicopy atau di cut.
Paste dalam mindmaple terbagi menjadi 6 yaitu:
v  Paste Inside, berfungsi untuk menggandakan topik yang sudah di copy menjadi subtopik.
v  Paste Hyperlink, berfungsi untuk menggandakan hyperlink yang sudah dicopy.
v  Paste Note, berfungsi menambahkan catatan pada subtopik dan menggandakan teksnya.
v  Paste Bitmap, berfungsi menggandakan subtopik didalam badan topik utama.
v  Paste as Callout, berfungsi menambahkan ruang baru berupa Callout, bisa juga menambahkan  subtopic yang bersambung.
v  Paste Multiline, berfungsi menambahkan topic yang sama.
Copy berfungsi untuk menduplikat teks atau topik dengan menghasilkan teks atau topik yang sama, dengan cara selanjutnya yaitu paste.
fungsinya hampir sama dengan copy, namun cut akan memindahkan teks asli ketempat lain.
berfungsi untuk mengkopi dan menerapkan suatu format kepada teks lainnya.
berfungsi untuk menambahkan topik pikiran dari central topic dengan urut. Dalam icon topic terdapat beberapa variasi :
v  Topic before berfungsi sebagai penambah main topic baru tepat diatas mind topic sebelumnya.
v  Parent topic berfungsi untuk menambahkan subtopik pada main topic.
v  Floating topic berfungsi untuk menambahkan topik baru diluar central topic.
callout berfungsi untuk menambahkan catatan kecil berupa teks diluar main topic.
berfungsi untuk menghubungkan antara dua topik atau lebih. Garisnya mempunyai banyak variasi bentuk yaitu Bezier, Straigth, Curved dan Angled.
berfungsi untuk menambahkan desain pada topik sehinga terlihat menarik.
berfungsi untuk menambahkan icon sebagai desain dalam topik.
berfungsi dalam menambahkan gambar atau icon. Jika memasukkan gambar, maka harus memilih koleksi gambar yang anda miliki. Jika memakai icon, pilihannya sudah terdapat dalam clip art.

Mode pencarian, berfungsi sebagai pencari kata-kata dalam mindmap.
Berfungsi sebagai pemilih karakter atau topik dalam mindmap.
Berfungsi untuk menghapus.
Berfungsi menambahkan subtopic pada topic.
Berfungsi menambahkan Central topic baru.
2.      Insert
ICON
FUNGSI
Berfungsi menambahkan icon clip art yang sudah tersedia dalam file Mind Maple.
Berfungsi untuk menambahkan file (pdf,ppt,word) kedalam mindmap.
untuk menambahkan bookmark pada main topic
Berfungsi menambahkan label pada topic atau subtopic.
Untuk menambahkan tanggal dan waktu pada teks atau dalam topik.
Untuk menambahkan catatan, letakknya tepat dibawah teks yang dipilih.
Sebagai informasi mengenai kapan wktu tugas dibuat.
Berfungsi sebagai penanda teks.
Berfungsi menambahkan hyperlink pada topic atau subtopic.
3.      Format
ICON
FUNGSI
Untuk mengubah tema mindmap sesuai dengan tema yang ada atau tema yang dimodifikasi.
Untuk menambahkan nomer pada subtopic secara otomatis.
Untuk merapikan topik sehingga terlihat teratur.
Untuk menyeimbangkan posisi topik yang dipilih.
Untuk mengurutkan teks atau topik sesuai abjad.
Untuk mengatur jarak antara subtopik dengan perubahan posisi vertikal.
Untuk mengatur jarak antara subtopik dengan perubahan posisi horizontal.





4.      View
ICON
FUNGSI
Mode layar penuh, sehingga tampilan terlihat dalam layar penuh.
Menjabarkan/ menampilkan topic yang disembunyikan.
Berfungsi Menyembunyikan semua subtopic.
Untuk menampilkan atau menyembunyikan topic element dan map object.
Berfungsi memberi garis titik-titik sehingga dapat mengatur jarak.
Memperbesar ukuran tampilan dari 33% sampai 300%.

Berfungsi memperlihatkan seluruh peta konsep.
Berfungsi mengatur tampilan lembar kerja.
5.      Tools
ICON
FUNGSI
memberikan penjelasan lebih lengkap mengenai mindmaple
Memberikan bantuan dari situs resmi.

Memperlihatkan tombol kombinasi mengenai fungsi icon mindmaple.
Mengupdate ke versi terakhir.
Mengupdate ke versi berbayar.
Informasi mengenai mindmaple.




6.      Style
ICON
FUNGSI
Memberikan style pada topik.
Memberikan garis pemisah secara otomatis ketika teks terlalu panjang.
Memilih gambar pada topik ketika gambar akan di geser.

Memberikan style pada garis penghubung antar topik.

Memberikan simbol kedalam teks atau topic.
Merubah ukuran topik secara otomatis tergantung dari panjang dan lebar teks.
Mengatur teks, baik ukuran, jenis font, bold, italic, underline, dsb.

B.       Penerapan Materi
Dalam rangka penjelasan lebih lanjut terhadap aplikasi Mindmaple ini, maka langkah pertama yaitu menerapkan materi. Sehingga kita dapat mengetahui dengan mudah dan mempraktekkan dengan baik. Contohnya dalam bidang pendidikan, seorang guru yang akan menjelaskan materi kepada muridnya, membutuhkan suatu hal yang mempermudah penyampaian materi.  Dalam pengaplikasian Mindmaple kali ini, diangkat sebuah tema prasejarah dengan judul jaman batu besar atau Megalithikum. Untuk penerapan materi, kita harus mempunyai data terlebih dahulu. Dibawah ini adalah materi yang akan dijadikan pembahasan lebih lanjut tentang mind maping
Zaman Megalithik
Megalithik adalah zaman yang menghasilkan kebudayaan berupa bangunan batu-batu besar yang sudah dibentuk hingga halus. Zaman megalithik masuk dalam zaman logam karena dalam peninggalannya ditemukan benda-benda hasil kebudayaan zaman logam. Hasil kebudayaan megalithik adalah menhir, dolmen, sarkofagus, kubur batu dan punden berundak.
Menhir berupa seperti tiang atau tugu, yang didirikan sebagai tanda peringatan dan melambangkan arwah nenek moyang, sehingga menjadi benda pujaan banyak ditemukan di Sumatra. Dolmen berupa meja batu berkakian Menhir. Ada Dolmen yang menjadi tempat sesaji dan pemujaan kepada nenek moyang, ada pula yang dibawahnya terdapat kuburan banyak ditemukan di Sumatra dan Jawa. Sarcophagus yaitu keranda mayat dari batu yang berbentuk seperti lesung yang lebar banyak ditemukan di Bali. Kubur batu yaitu seperti peti mayat dari batu, bedanya dengan Sarchopagus adalah papan batu penyusun peti terpisah satu sama lain banyak ditemukan di Wonosari, Cepu dan Cirebon. Punden berundak yaitu bangunan pemujaan yang disusun bertingkat tingkat.
            Untuk lebih mudah dalam memahami, akan dijelaskan pada tutorial di bab selanjutnya.


BAB III
TUTORIAL
A.    Proses Pengunduhan
            Langkah pertama yaitu mendownload aplikasi Mind Maple di situs resminya. Dalam tutorial ini proses pengunduhan melalui Browser Google Chrome. Download aplikasi Mind Maple di www.mindmaple.com. Kemudian buka linknya
Gambar 3.1 link download
                   Klik download now
Gambar 3.2 halaman awal situs Mindmaple
          Pastikan Mind Maple yang didownload adalah Mind Maple Lite v1.71. Jika ingin menggunakan aplikasi berbahasa inggris maka klik Download English, jika ingin menggunakan aplikasi berbahasa jepang maka klik Download Japanese.






Gambar 3.3 halaman download Mindmaple
Gambar 3.4 proses pengunduhan
                   Gambar diatas adalah proses download melalui Google Chrome, pastikan koneksi internet lancar sehingga download juga berjalan lancar.

B.     Proses Penginstalan
       Setelah proses pengunduhan selesai, langkah selanjutnya adalah proses penginstalan. Lakukan langkah-langkah berikut:
Cari file Mindmaple pada komputer anda lalu klik kanan dan klik Run As Administrator.
Gambar 3.5 Run As Administrator

Selanjutnya lakukan langkah sesuai petunjuk dan kemudian klik centang pada “i accept the terms in the license agreement” dan kemudian klik next.
Gambar 3.6 setup
Setelah proses setup, selanjutnya adalah proses untuk memilih lokasi penyimpanan, kemudian klik next.
Gambar 3.7 proses memilih tempat menyimpan
Langkah selanjutnya adalah proses mencentang pada pilihan yang disediakan, klik next.
Gambar 3.8 pengaturan sebelum penginstalan
Aplikasi sudah siap untuk di instal. Klik “instal” untuk memulai proses penginstalan dan klik “Back” untuk merubah pengaturan.
Gambar 3.9 aplikasi siap di instal
Tunggu proses penginstalan aplikasi Mindmaple hingga muncul gabar 3.10 dan kemudian klik Close. Mindmaple akan terbuka secara otomatis.
                                            Gambar 3.10 proses instal telah selesai
 





Gambar 3.11 Icon aplikasi Mind Maple pada desktop komputer anda.

C.    Tutorial Menbuat Media Dengan Mindmaple
       Setelah proses penginstalan, langkah selanjutnya adalah membuat bahan pembelajaran dengan media Mindmaple. Agar dapat dipahami lebih mudah, akan dilakukan tutorial seperti dibawah.
Gambar 3.12 Tampilan pertama setelah mengklik icon Mind Maple.
Gambar 3.13 tema Mindmaple
Gambar 3.14 templates Mindmaple
                   Langkah pertama dalam membuat Mind Map baru adalah memilih tema. Mind Maple Lite memiliki dua pilihan yaitu Map Themes dan Map Templates. Map Themes mempunyai lima tema, yaitu Mind Maple, Branch Map, Black Board, Neon Sign, dan White Board. Sedangkan Map Templates memiliki enam jenis yaitu, Business Plan, Course Curriculum, Lesson Plan, Project Map, Syllabus, Week Schedule. Namun dalam tutorial ini akan dipakai Map Themes. Pada tampilan petama akan muncul Central Topic, yaitu tema dari pada materi yang akan dipetakan. Klik central topic dan ketik tema materi ini yaitu “Megalithik”.
Gambar 3.15 tampilan awal lembar kerja Mindmaple
          Klik central topic yang teksnya sudah dirubah. Kemudian tariklah bidang dari badan central topic sehingga muncul subtopic dengan membentuk jaringan dengan pusatnya yaitu central topic. Ketiklah teks dalam subtopic sebagai penjelasan dari central topic.
Gambar 3.16 pembuatan subtopic
         
          Untuk menambahkan gambar pada topik, klik icon picture pada menu home. Anda harus memilih koleksi gambar yang anda punya untuk ditempatkan pada materi.
Gambar 3.17 cara penambahan gambar
Pilih koleksi gambar anda, kemudian klik open.
Gambar 3.18 pemilihan gambar
          Kemudian tempatkan gambar sesuai dengan yang anda sukai.
Gambar 3.19
          Untuk menambahkan topic baru anda dapat mengklik icon Floating Topic pada menu. Tambahkan teks yang dibahas dalam floating topic.
Gambar 3.20 penambahan Floating Topic
Klik icon relationship yang terdapat pada menu home untuk menghubungkan Floating topic dengan central topic atau subtopic. Terdapat empat macam versi relationship yaitu Bezier, Straight, Curved dan Angled.
Gambar 3.21 penambahan relationship
Gambar 3.22 Macam-macam relationship
Untuk menambahkan catatan kecil pada subtopic anda dapat memakai Callout.
Gambar 3.23 penambahan Callout
          Untuk mengedit central topic atau subtopic dapat dilakukan dalam menu style.
Gambar 3.24 pengeditan subtopic
BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Mind Mapping merupakan suatu teknik grafik yang sangat ampuh dan menjadi kunci yang universal untuk membuka potensi dari seluruh otak karena menggunakan seluruh keterampilan yang terdapat pada bagian neo-korteks dari otak atau yang lebih dikenal sebagai otak kiri dan otak kanan dengan menggunakan seluruh ‘cortical-skills’- kata, gambar, angka, logika, ritme, warna dan kesadaran spasial - yang semuanya dalam satu cara yang unik. Mind Mapping dapat menghasilkan catatan yang memberikan banyak informasi dalam satu halaman dan memperlihatkan hubungan antar berbagai konsep dan ide.

B.     Saran
Pada era digital saat ini, dalam bidang pendidikan sangat dibutuhkan aplikasi terobosan yang memudahkan proses pembelajaran, salah satunya adalah aplikasi Mind Maple. Seorang guru dalam pemetaan materi yang sangat banyak akan dimudahkan pekerjaannya karena terbantu oleh aplikasi Mind Maple yang digunakan untuk pembuatan media pembelajaran Mind Mapping. Dalam bidang bisnis aplikasi Mind Maple akan memudahkan proses penyampaian informasi. Maka dari itu aplikasi Mind Maple sangat membantu dalam proses penyampaian informasi. Anda dapat menggunakan aplikasi Mind Maple Lite yang tidak berbayar dan mudah digunakan.




DAFTAR PUSTAKA

Noer, M. 2009. Mind Map Tentang Mindmaping (online), (http://www.muhammadnoer.com/mind-map-tentang-mind-mapping/), diakses pada 16 November 2016
Khaerunisa, N. 2014. Mind Mapping. (Online), (http://www.academia.edu/8234145/Mind_mapping), diakses pada 16 November 2016





1 komentar: