BAB I
MIND MAPPING
A.
Pengertian
Mind Mapping
Mind Mapping
merupakan suatu teknis grafis yang memungkinkan untuk
mengeksplorasi seluruh kemampuan otak kita untuk keperluan berfikir dan
belajar. Beberapa pemaparan tentang Mind Mapping menurut para ahli misalnya,
Menurut Bobby De Porter, Mind Mapping (peta pikiran) adalah teknik
pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan grafis lainnya
untuk membentuk kesan antara otak kiri dan kanan yang ikut terlibat sehingga
mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak. Menurut Tony Buzan, Mind
Mapping adalah suatu cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara
harfiah akan memetakan pikiran-pikiran. Sedangkan menurut Sutanto Windura, Mind
Mapping (peta pikiran) merupakan metode pencatatan yang dapat mengakomodir
untuk keseluruhan dari suatu topik, kepentingan, serta hubungan relatif antar
masing-masing komponen dan mekanisme penghubungan nya. beberapa pemaparan
tentang pengertian Mind Mapping tersebut
dapat ditarik
Dari kesimpulan bahwa Mind Mapping merupakan suatu teknik
grafik yang sangat ampuh dan menjadi kunci yang universal untuk membuka potensi
dari seluruh otak karena menggunakan seluruh keterampilan yang terdapat pada
bagian neo-korteks dari otak atau yang lebih dikenal sebagai otak kiri dan otak
kanan dengan menggunakan seluruh ‘cortical-skills’ - kata, gambar, angka,
logika, ritme, warna dan kesadaran spasial - yang semuanya dalam satu cara yang
unik. Mind Mapping dapat digunakan dalam seluruh aspek kehidupan
manusia.
Mind Mapping pertama
kali dikembangkan oleh Tony Buzan. Serorang psikolog dan ahli
paling terkemuka dalam bidang Otak dan Pembelajaran yang telah mengarang 95
buku dan telah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa di 150 negara. Tony menciptakan
Mind Mapping pada tahun 70-an yang saat
ini digunakan lebih dari 250 juta orang diseluruh dunia mulai dari siswa
pra-sekolah hingga kelas Eksekutif MBA, dari operator hingga CEO di berbagai
korporasi kelas dunia. Dia berpendapat bahwa penggunaan Mind Maping bisa
mempercepat proses memori tetapi juga dapat meningakatkan kreatifitas dan
keterampilan menganalisis, dengan mengoptimalkan fungsi belahan otak. Mind Map
juga dapat mengubah informasi menjadi pengetahuan, wawasan dan tindakan.
Gagasan Tony Buzan mengenai Mind
Mapping tersebut memicu munculnya beberapa aplikasi. Setiap aplikasi mempunyai kelebihan
dan kekurangan masing-masing. Salah satu aplikasi yang paling mudah di gunakan
adalah Mindmaple lite. Aplikasi Mindmaple Lite ini dapat dikatakan mudah karena
merupakan salah satu aplikasi yang tidak berbayar. Dengan kelebihannya,
aplikasi Mind mapple dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna.
B.
Tujuan
dan Manfaat Mind Mapping
Mind mapping dapat
menghasilkan catatan yang memberikan banyak informasi dalam satu halaman dan
memperlihatkan hubungan antar berbagai konsep dan ide. Maka dengan Mind
Mapping, daftar informasi yang panjang bisa dialihkan menjadi peta yang
berwarna-warni, sangat teratur dan mudah diingat serta selaras dengan cara
kerja alami otak. Mind Mapping dapat bekerja dengan baik karena ia
menggunakan kedua pemain utama dari ingatan yaitu imajinasi dan asosiasi.
Dilihat dari berbagai segi, salah satunya yaitu segi waktu Mind Maping juga dapat mengefisienkan
penggunaan waktu dalam mempelajari sebuah informasi. Hal ini disebabkan karena
metode dapat menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal, dengan waktu yang jauh
lebih singkat. Dengan kata lain, Mind Mapping mampu
memangkas waktu belajar dengan mengubah pola pencatatan linear menjadi
pencatatan yang efektif yang sekaligus langsung dapat dipahami oleh setiap
masing-masing indivudu. Dengan catatan ini maka manajemen belajar pun menjadi
lebih mudah. Informasi baru dapat ditambahkan, dihubungkan, dan diasosiasikan
kapan saja dengan informasi yang sudah ada sebelumnya
Dengan
adanya Mind Mapping dalam memahami materi
secara efektif kita dapat mengingat informasi yang kompleks dengan mudah,
melihat gambaran besar beserta penjelasannya dengan mudah, mengatasi informasi yang membludak karena telah ditata dan
dikelompokkan sedemikan rupa. Secara psikologis hal ini juga membuat seseorang
lebih mudah dalam mengorganisir dan meruntut sebuah permasalahan.
Mind Mapping juga meningkatkan kemampuan
seseorang dalam berimajinasi,
mengingat, berkonsentrasi, membuat catatan, meningkatkan minat sekaligus mampu
menyelesaikan persoalan. Sehingga dengan Mind Mapping kita dapat merangsang sisi kreatif,
lewat desain visual yang dengan berbagai macam variasi dan mendorong munculnya
ide-ide baru. Mind Maping dapat pula digunakan untuk
menjelaskan sebuah tujuan, rencana, ide, maupun pemikiran secara jelas dan
terstruktur.
C.
Kelebihan
dan Kelemahan Mind Mapping
Telah
banyak manfaat dari media pembelajaran Mind
Mapping yang telah disampaikan sebelumnya. Tetapi dari beberapa manfaat
yang telah disampaikan tersebut setiap media pasti memiliki sebuah kelebihan
dan kelemahan masing-masing, termasuk media pembelajaran Mind Mapping ini. Inilah beberapa kelebihan dan kelemahan dari
media pembelajaran Mind Mapping :
a. Kelebihan
Mind Mapping
1. Memudahkan
proses pembelajaran
2. Meningkatkan
daya kreatifitas otak
3. Aplikasi
mudah digunakan
4. Pengunduhan
Aplikasi tidak berbayar
5. Hasil
dapat disimpan dengan berbagai format
6. Hasil
dapat di print out
7. Bisa
memasukkan format lain ke dalam Aplikasi yang digunakan
8. Tidak
mudah mengalami not responding saat
proses pengerjaan
9. Catatan
lebih terfokus pada inti materi
10. Memudahkan
penambahan informasi baru
11. Membantu
otak untuk mengatur, mengingat, membandingkan dan membuat hubungan
b. Kelemahan
Mind Mapping
1. Proses
berbayar untuk mengupdate versi
2. Bentuk/
model dari aplikasi masih terkesan kaku
3. Tema
yang dapat digunakan dalam aplikasi terbatas
BAB II
A. Fungsi
Icon Mindmaple
1.
Home
ICON
|
FUNGSI
|
![]() |
Paste berfungsi untuk
menempatkan/ menerapkan teks yang sudah dicopy atau di cut.
Paste dalam mindmaple terbagi
menjadi 6 yaitu:
v
Paste
Inside, berfungsi untuk menggandakan topik yang sudah di copy menjadi
subtopik.
v
Paste
Hyperlink, berfungsi untuk menggandakan hyperlink yang sudah dicopy.
v
Paste
Note, berfungsi menambahkan catatan pada subtopik dan menggandakan teksnya.
v
Paste
Bitmap, berfungsi menggandakan subtopik didalam badan topik utama.
v
Paste as
Callout, berfungsi menambahkan ruang baru berupa Callout, bisa juga
menambahkan subtopic yang bersambung.
v Paste Multiline, berfungsi menambahkan topic yang sama.
|
![]() |
Copy
berfungsi untuk menduplikat teks atau topik dengan menghasilkan teks atau
topik yang sama, dengan cara selanjutnya yaitu paste.
|
![]() |
fungsinya hampir
sama dengan copy, namun cut akan memindahkan teks asli ketempat lain.
|
![]() |
berfungsi
untuk mengkopi dan menerapkan suatu format kepada teks lainnya.
|
![]() |
berfungsi untuk menambahkan
topik pikiran dari central topic dengan urut. Dalam icon topic terdapat
beberapa variasi :
v
Topic
before berfungsi sebagai penambah main topic baru tepat diatas mind topic
sebelumnya.
v
Parent
topic berfungsi untuk menambahkan subtopik pada main topic.
v
Floating
topic berfungsi untuk menambahkan topik baru diluar central topic.
|
![]() |
callout
berfungsi untuk menambahkan catatan kecil berupa teks diluar main topic.
|
![]() |
berfungsi
untuk menghubungkan antara dua topik atau lebih. Garisnya mempunyai banyak
variasi bentuk yaitu Bezier, Straigth, Curved dan Angled.
|
![]() |
berfungsi
untuk menambahkan desain pada topik sehinga terlihat menarik.
|
![]() |
berfungsi
untuk menambahkan icon sebagai desain dalam topik.
|
![]() |
berfungsi
dalam menambahkan gambar atau icon. Jika memasukkan gambar, maka harus
memilih koleksi gambar yang anda miliki. Jika memakai icon, pilihannya sudah
terdapat dalam clip art.
|
![]() |
|
![]() |
Mode
pencarian, berfungsi sebagai pencari kata-kata dalam mindmap.
|
![]() |
Berfungsi
sebagai pemilih karakter atau topik dalam mindmap.
|
![]() |
Berfungsi
untuk menghapus.
|
![]() |
Berfungsi
menambahkan subtopic pada topic.
|
![]() |
Berfungsi
menambahkan Central topic baru.
|
2. Insert
ICON
|
FUNGSI
|
![]() |
Berfungsi
menambahkan icon clip art yang sudah tersedia dalam file Mind Maple.
|
![]() |
Berfungsi
untuk menambahkan file (pdf,ppt,word) kedalam mindmap.
|
![]() |
untuk
menambahkan bookmark pada main topic
|
![]() |
Berfungsi
menambahkan label pada topic atau subtopic.
|
![]() |
Untuk
menambahkan tanggal dan waktu pada teks atau dalam topik.
|
![]() |
Untuk
menambahkan catatan, letakknya tepat dibawah teks yang dipilih.
|
![]() |
Sebagai
informasi mengenai kapan wktu tugas dibuat.
|
![]() |
Berfungsi
sebagai penanda teks.
|
![]() |
Berfungsi
menambahkan hyperlink pada topic atau subtopic.
|
3. Format
ICON
|
FUNGSI
|
![]() |
Untuk
mengubah tema mindmap sesuai dengan tema yang ada atau tema yang
dimodifikasi.
|
![]() |
Untuk
menambahkan nomer pada subtopic secara otomatis.
|
![]() |
Untuk
merapikan topik sehingga terlihat teratur.
|
![]() |
Untuk
menyeimbangkan posisi topik yang dipilih.
|
![]() |
Untuk
mengurutkan teks atau topik sesuai abjad.
|
![]() |
Untuk
mengatur jarak antara subtopik dengan perubahan posisi vertikal.
|
![]() |
Untuk
mengatur jarak antara subtopik dengan perubahan posisi horizontal.
|
4. View
ICON
|
FUNGSI
|
![]() |
Mode layar
penuh, sehingga tampilan terlihat dalam layar penuh.
|
![]() |
Menjabarkan/
menampilkan topic yang disembunyikan.
|
![]() |
Berfungsi
Menyembunyikan semua subtopic.
|
![]() |
Untuk
menampilkan atau menyembunyikan topic element dan map object.
|
![]() |
Berfungsi
memberi garis titik-titik sehingga dapat mengatur jarak.
|
![]() |
Memperbesar ukuran tampilan
dari 33% sampai 300%.
|
![]() |
Berfungsi
memperlihatkan seluruh peta konsep.
|
![]() |
Berfungsi
mengatur tampilan lembar kerja.
|
5. Tools
ICON
|
FUNGSI
|
![]() |
memberikan
penjelasan lebih lengkap mengenai mindmaple
|
![]() |
Memberikan bantuan dari situs
resmi.
|
![]() |
Memperlihatkan
tombol kombinasi mengenai fungsi icon mindmaple.
|
![]() |
Mengupdate
ke versi terakhir.
|
![]() |
Mengupdate
ke versi berbayar.
|
![]() |
Informasi
mengenai mindmaple.
|
6. Style
ICON
|
FUNGSI
|
![]() |
Memberikan
style pada topik.
|
![]() |
Memberikan garis pemisah secara otomatis ketika teks
terlalu panjang.
|
![]() |
Memilih gambar pada topik
ketika gambar akan di geser.
|
![]() |
Memberikan
style pada garis penghubung antar topik.
|
![]() |
|
![]() |
Memberikan simbol kedalam teks atau topic.
|
![]() |
Merubah
ukuran topik secara otomatis tergantung dari panjang dan lebar teks.
|
![]() |
Mengatur
teks, baik ukuran, jenis font, bold, italic, underline, dsb.
|
B.
Penerapan Materi
Dalam
rangka penjelasan lebih lanjut terhadap aplikasi Mindmaple ini, maka langkah
pertama yaitu menerapkan materi. Sehingga kita dapat mengetahui dengan mudah
dan mempraktekkan dengan baik. Contohnya dalam bidang pendidikan, seorang guru
yang akan menjelaskan materi kepada muridnya, membutuhkan suatu hal yang
mempermudah penyampaian materi. Dalam
pengaplikasian Mindmaple kali ini, diangkat sebuah tema prasejarah dengan judul
jaman batu besar atau Megalithikum. Untuk penerapan materi, kita harus
mempunyai data terlebih dahulu. Dibawah ini adalah materi yang akan dijadikan
pembahasan lebih lanjut tentang mind maping
Zaman Megalithik
Megalithik
adalah zaman yang menghasilkan kebudayaan berupa bangunan batu-batu besar yang
sudah dibentuk hingga halus. Zaman megalithik masuk dalam zaman logam karena
dalam peninggalannya ditemukan benda-benda hasil kebudayaan zaman logam. Hasil
kebudayaan megalithik adalah menhir, dolmen, sarkofagus, kubur batu dan punden
berundak.
Menhir berupa seperti
tiang atau tugu, yang didirikan sebagai tanda peringatan dan melambangkan arwah
nenek moyang, sehingga menjadi benda pujaan banyak ditemukan di Sumatra. Dolmen
berupa meja batu berkakian Menhir. Ada Dolmen yang menjadi tempat sesaji dan
pemujaan kepada nenek moyang, ada pula yang dibawahnya terdapat kuburan banyak
ditemukan di Sumatra dan Jawa. Sarcophagus yaitu keranda mayat dari batu yang
berbentuk seperti lesung yang lebar banyak ditemukan di Bali. Kubur batu yaitu
seperti peti mayat dari batu, bedanya dengan Sarchopagus adalah papan batu
penyusun peti terpisah satu sama lain banyak ditemukan di Wonosari, Cepu dan
Cirebon. Punden berundak yaitu bangunan pemujaan yang disusun bertingkat
tingkat.
Untuk lebih mudah dalam memahami,
akan dijelaskan pada tutorial di bab selanjutnya.
BAB
III
TUTORIAL
A.
Proses Pengunduhan
Langkah pertama yaitu mendownload
aplikasi Mind Maple di situs resminya. Dalam tutorial ini proses pengunduhan
melalui Browser Google Chrome. Download aplikasi Mind Maple di
www.mindmaple.com. Kemudian buka linknya

Gambar 3.1 link download
Klik download now

Gambar 3.2 halaman awal situs Mindmaple

Gambar 3.3 halaman download Mindmaple

Gambar 3.4 proses pengunduhan
Gambar diatas adalah proses
download melalui Google Chrome, pastikan koneksi internet lancar sehingga
download juga berjalan lancar.
B. Proses
Penginstalan
Setelah
proses pengunduhan selesai, langkah selanjutnya adalah proses penginstalan.
Lakukan langkah-langkah berikut:
Cari file Mindmaple pada komputer anda lalu klik
kanan dan klik Run As Administrator.

Gambar 3.5 Run
As Administrator
Selanjutnya lakukan langkah sesuai petunjuk dan
kemudian klik centang pada “i accept the
terms in the license agreement” dan kemudian klik next.

Gambar 3.6 setup
Setelah
proses setup, selanjutnya adalah proses untuk memilih lokasi penyimpanan,
kemudian klik next.

Gambar 3.7 proses memilih tempat
menyimpan
Langkah
selanjutnya adalah proses mencentang pada pilihan yang disediakan, klik next.

Gambar 3.8 pengaturan sebelum
penginstalan
Aplikasi
sudah siap untuk di instal. Klik “instal”
untuk memulai proses penginstalan dan klik “Back”
untuk merubah pengaturan.

Gambar 3.9 aplikasi siap di instal
Tunggu
proses penginstalan aplikasi Mindmaple hingga muncul gabar 3.10 dan kemudian
klik Close. Mindmaple akan terbuka secara otomatis.

Gambar
3.10 proses instal telah selesai
![]() |
Gambar 3.11 Icon aplikasi Mind Maple
pada desktop komputer anda.
C.
Tutorial Menbuat Media Dengan Mindmaple
Setelah
proses penginstalan, langkah selanjutnya adalah membuat bahan pembelajaran
dengan media Mindmaple. Agar dapat dipahami lebih mudah, akan dilakukan
tutorial seperti dibawah.

Gambar 3.12 Tampilan pertama setelah
mengklik icon Mind Maple.

Gambar 3.13 tema Mindmaple

Gambar 3.14 templates Mindmaple
Langkah
pertama dalam membuat Mind Map baru adalah memilih tema. Mind Maple Lite
memiliki dua pilihan yaitu Map Themes dan Map Templates. Map Themes mempunyai
lima tema, yaitu Mind Maple, Branch Map, Black Board, Neon Sign, dan White
Board. Sedangkan Map Templates memiliki enam jenis yaitu, Business Plan, Course
Curriculum, Lesson Plan, Project Map, Syllabus, Week Schedule. Namun dalam
tutorial ini akan dipakai Map Themes. Pada tampilan petama akan muncul Central
Topic, yaitu tema dari pada materi yang akan dipetakan. Klik central topic dan
ketik tema materi ini yaitu “Megalithik”.

Gambar 3.15 tampilan awal lembar kerja
Mindmaple
Klik central topic yang teksnya sudah
dirubah. Kemudian tariklah bidang dari badan central topic sehingga muncul
subtopic dengan membentuk jaringan dengan pusatnya yaitu central topic.
Ketiklah teks dalam subtopic sebagai penjelasan dari central topic.

Gambar 3.16 pembuatan subtopic
Untuk menambahkan gambar pada topik,
klik icon picture pada menu home. Anda harus memilih koleksi gambar yang anda
punya untuk ditempatkan pada materi.

Gambar 3.17 cara penambahan gambar
Pilih
koleksi gambar anda, kemudian klik open.

Gambar 3.18 pemilihan gambar
Kemudian tempatkan gambar sesuai
dengan yang anda sukai.

Gambar 3.19
Untuk menambahkan topic baru anda
dapat mengklik icon Floating Topic pada menu. Tambahkan teks yang dibahas dalam
floating topic.



Gambar 3.20 penambahan Floating Topic
Klik
icon relationship yang terdapat pada menu home untuk menghubungkan Floating
topic dengan central topic atau subtopic. Terdapat empat macam versi
relationship yaitu Bezier, Straight, Curved dan Angled.



Gambar 3.21 penambahan relationship

Gambar 3.22 Macam-macam relationship
Untuk
menambahkan catatan kecil pada subtopic anda dapat memakai Callout.



Gambar 3.23 penambahan Callout
Untuk mengedit central topic atau
subtopic dapat dilakukan dalam menu style.

Gambar 3.24 pengeditan subtopic
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Mind Mapping merupakan
suatu teknik grafik yang sangat ampuh dan menjadi kunci yang universal untuk
membuka potensi dari seluruh otak karena menggunakan seluruh keterampilan yang
terdapat pada bagian neo-korteks dari otak atau yang lebih dikenal sebagai otak
kiri dan otak kanan dengan menggunakan seluruh ‘cortical-skills’- kata, gambar,
angka, logika, ritme, warna dan kesadaran spasial - yang semuanya dalam satu
cara yang unik. Mind Mapping dapat menghasilkan catatan yang memberikan banyak informasi
dalam satu halaman dan memperlihatkan hubungan antar berbagai konsep dan ide.
B.
Saran
Pada era digital saat ini, dalam bidang pendidikan
sangat dibutuhkan aplikasi terobosan yang memudahkan proses pembelajaran, salah
satunya adalah aplikasi Mind Maple. Seorang guru dalam pemetaan materi yang
sangat banyak akan dimudahkan pekerjaannya karena terbantu oleh aplikasi Mind
Maple yang digunakan untuk pembuatan media pembelajaran Mind Mapping. Dalam bidang bisnis aplikasi Mind Maple akan
memudahkan proses penyampaian informasi. Maka dari itu aplikasi Mind Maple
sangat membantu dalam proses penyampaian informasi. Anda dapat menggunakan
aplikasi Mind Maple Lite yang tidak berbayar dan mudah digunakan.
DAFTAR PUSTAKA
Noer, M.
2009. Mind Map Tentang Mindmaping (online),
(http://www.muhammadnoer.com/mind-map-tentang-mind-mapping/),
diakses
pada 16 November 2016
Khaerunisa, N. 2014. Mind Mapping. (Online), (http://www.academia.edu/8234145/Mind_mapping), diakses pada 16 November 2016
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus